Menapaki Sisa Sisa Kejayaan Kedung Malem Desa Kare

Original Photo By Pesona Desa Kare
Nama lain dari Air Terjun Seweru adalah  Kedung Malem atau  Air Terjun Slampir.Kurang begitu jelas mengapa air terjun ini di sebut Kedung Malem.Namun menurut beberapa sumber mengatakan nama Kedung Malem di ambil dari nama seseorang yang bernama Mbah Malem.Terlepas dari cerita yang beredar memang  suasana disekitar area air terjun terlihat seperti malam sehingga masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan Kedung Malem. Lokasi air terjun ini  tepatnya terletak di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Air terjun ini berjarak sekitar 3 km atau sekitar 10 menit berkendara dari Kecamatan Kare. Untuk mencapai lokasinya, perlu sedikit kerja keras. Meskipun akses menuju ke Ds Seweru jalanya sudah beraspal namun penuh dengan tanjakan. Mobil pribadi ataupun angkutan umum lainnya jarang terlihat melintasi daerah ini kecuali kendaraan milik masyarakat setempat.

Sesampainya di Dusun Seweru  kendaraan yang dibawa harus dititipkan kepada penduduk setempat karena jalan menuju lokasi air terjun tidak dapat dilalui kendaraan. Kalaupun dipaksakan mengendarai Sepeda  Motor hanya bisa mencapai areal hutan Pinus.Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak menuruni daerah perbukitan sejauh kurang lebih 1 km hingga tempat air terjun tersebut berada. Kondisi jalan setapak ini sempit, agak licin, sedikit curam, dan banyak yang tidak berpengaman sehingga bersentuhan langsung dengan tebing perbukitan.

Tebing Menuju Air Terjun : Original Photo by Pesona Desa Kare
Air terjun ini memiliki dua buah aliran air terjun yang letaknya saling berhadapan satu sama lain.Suasana panorama yang indah dan asri menambah keindahan dari air Terjun Kedung Malem ini.Suasana di area air terjun identik dengan nama air terjun yaitu seperti suasana senja menjelang malam.Dikarenakan sisi kanan dan kiri terdapat tebing yang sangat tinggi dan pepohonan yang rimbun sehingga menghalangi sinar matahari yang masuk menjadikan air terjun ini seperti tampak tersembunyi.

Beberapa View  di Air terjun Kedung Malem

Air yang mengalir sangat jernih dengan suasana yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri.,ditambah dengan suasana hutan yang sangat lebat khas hutan tropis.Udara yang sangat sejuk dan terpaan embun yang sangat segar ketika mengenai wajah,sungguh luar biasa.Bagi yang suka berselfi dilokasi air terjun terdapat spot spot yang bisa di jadikan obyek berphoto ria  sangat indah dan alami.

Jalan Menuju Air Terjun : Original Photo by Pesona Desa Kare
      
Bagi pecinta  wisata adventure Air Terjun Kedung Malem mungkin bisa menjadi alternatif untuk berpetualang karena terdapat banyak sekali spot spot untuk jalur petualangan.Air Terjun ini pernah populer dan menjadi tujuan wisata dan sempat dikelola oleh masyarakat setempat.Bahkan air terjun ini merupakan ikon dari Desa Kare dan sempat dilakukan pembangunan jalan berfaving menuju ke lokasi.Namun sayang pengelolaan itu tidak berlangsung lama.

Jalan berbatu dan licin : Original Photo by Pesona Desa Kare

Minimnya  petunjuk arah yang jelas di sekitar jalan untuk memandu perjalaann sampai ke lokasi sehingga menyulitkan menuju ke sana. Juga di sekitar tempat ini belum ada penginapan maupun rumah makan yang layak disinggahi. Hanya ada warung makan yang ada disekitar air terjun akan tetapi tidak buka setiap hari, kecuali warung kecil di pintu utama sebelum masuk ke jalan setapak menuju lokasi air terjun yang juga menyediakan tempat parkiran bagi kendaraan pengunjung.

Seiring dengan dicanangkanya Desa Kare sebagai tujuan Desa wisata Air Terjun Kedung Malem mulai diperhatikan kembali.Mungkin karena dari sekian banyak potensi wisata yang ada di Desa Kare Kedung Malem lah yang mempunyai prosfektif wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages