Puskesmas Kare



Fungsi Puskesmas adalah sebagai  unit pelayanan kesehatan di bawah naungan Dinas Kesehatan dimana Puskesmas mengemban tugas sebagai pelayanan umum kepada masyarakat yang tercermin dalam kegiatan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang bersifat preventif,promotif dan pelayanan khusus berupa kegiatan Upaya Kesehatan Perorangan yang bersifat kuratif, rehabilitatif.

Puskesmas Kare terletak di Jalan Raya Randualas, Desa Kare, Kecamatan Kare Kabupaten Madiun . Puskesmas Kare berada di wilayah yang sangat strategis karena berada di tepi jalan raya yang tak jauh dari sarana dan prasarana dilingkungan Unit Pelaksana Teknis Kecamatan Kare. Puskesmas Kare adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di sebagian wilayah kabupaten Madiun.

Puskesmas yang berdiri sejak tahun 1973 ini sebelumnya terletak di Jl Raya Kandangan Desa Kare Kecamatan Kare tepatnya di sebelah selatan Polsek Kare.Saat ini bangunan tersebut di pergunakan sebagai rumah dinas Bidan.Pada tahun 1974 sempat pindah lagi menempati tanah wakaf yang sekarang di tempati oleh Mtsn Kare.

Pada tahun 2008  dibangun Gedung Puskesmas Rawat Jalan dua Lantai dilokasi Jalan Raya Randualas Desa Kare Kecamatan Kare dengan area seluas 2000 M2 dan pada  bulan Nopember 2008 secara resmi ditempati setelah diresmikan Oleh Bapak Imam Utomo Gubernur Jawa Timur saat itu dengan diversifikasi layanan kesehatan berupa pelayanan UGD, Poli Umum Rawat Jalan, KIA/KB, Imunisasi, Poli Gigi, Farmasi, Laborat Sederhana, dan kantor administrasi

Kemudian pada tahun 2009  dibangun Gedung Rawat Inap dibelakang Gedung Utama dan terdiri dari 6 kamar perawatan dan 2 ruang administrasi dan petugas awal hanya terdiri dari tenaga puskesmas yang ada saat itu berupa 6 orang perawat 4 bidan utama termasuk petugas Desa.

Adapun Wilayah kerja Puskesmas Kare mencakup delapan desa yang ada di Kecamatan Kare yaitu Desa Bolo Desa Bodag Desa Kepel Desa Kuwiran Desa Kare Desa Cermo Desa Morang dan desa Randualas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages