Perguruan Ki Ageng Pandan Alas sebagai Ikon Budaya


Ki Ageng Pandan Alas Photo by Pesona Desa Kare

Perguruan Pencak Silat yang bernama Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas adalah salah satu ikon budaya yang berada di desa Kare. Keberadaan Keluarga Persilatan Ki Ageng Pandan Alas yang didirikan dan di sesepuhi oleh bapak Koestari A.A sejak tahun 1962 ini secara resmi diakui oleh IPSI ( Ikatan Pencak Silat Indonesia) pada 10 November 1972, sekaligus menjadi tanda awal berdirinya perguruan ini. Tentunya setelah melalui survei dari IPSI,bahwa gerakan dan senam jurus yang di miliki oleh Ki Ageng Pandan Alas merupakan gerakan seni bela diri Pencak Silat.

Yang unik dari perguruan ini adalah bahwa di dalam perguruan Ki Ageng Pandan Alas tidak ada istilah ‘PENDEKAR’. Berbeda dengan Pencak Silat kebanyakan. Karena ilmu bela diri yang di pelajari di perguruan ini yang terpenting adalah bukan untuk bertarung namun untuk membela diri saat keadaan terjepit. Artinya meskipun di perguruan ini diajarkan ilmu beladiri dan kanuragan tapi fungsi utamanya bukan untuk berkelahi atau menyakiti orang lain.

Seiring dengan berjalannya waktu,perguruan Pencak Silat yang berpusat di Desa Kare ini lambat laun menjadi besar dan sudah memiliki beberapa cabang dan ranting hampir di seluruh Pulau Jawa. Sebagian wilayah Pulau Sumatera yang meliputi jambi,Palembang ,Medan dan Lampung.Dan juga sudah sampai di Indonesia bagian Timur yaitu Ambon.Bahkan menurut beberapa sumber sudah merambah ke negeri Jiran Malaysia.

Tanpa disadari keberadaan perguruan Pencak Silat Ki Ageng Pandan Alas telah menjadi sarana penggerak ekonomi masyarakat Desa Kare.Terbukti pada setiap 10 Muharam saat pengesahan warga baru Ki Ageng Pandan Alas yang terpusat di Desa Kare . Perguruan pencak silat Ki Ageng Pandan Alas mampu memberi kontribusi pada masyarakat Desa Kare.Perguruan Pencak Silat Ki Ageng Pandan Alas mampu menyumbang devisa bagi masyarakat Desa Kare.Dengan adanya warung-warung dadakan yang berdiri saat Perguruan Pencak Silat Ki Ageng Pandan Alas melaksanakan hajatan pengesahan warga baru.Perlu di ketahui bahwa saat ini Perguruan Pencak Silat Ki Ageng Pandan Alas seluruh Indonesia terpusat di Desa Kare Kecamatan Kare Kab.Madiun Jawa Timur.

Sebagai masyarakat Desa Kare kita patut berterima kasih dan bangga dengan keberadaan Perguruan Pencak Silat Ki Ageng Pandan Alas,sebab tanpa di sadari perguruan ini juga ikut memperkenalkan budaya Desa Kare keberbagai daerah di Indonesia. Kedatangan siswa-siswi Perguruan Pencak Silat Ki Ageng Pandan Alas seluruh Indonesia mempunyai andil besar turut serta dalam memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Desa Kare.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages