Pesona Wisata Alam Hutan Pinus Nongko Ijo Desa Kare



Salah satu Destinasy wisata yang ada di Desa Kare adalah obyek wisata Nongko Ijo.Obyek wisata ini berada di lereng pegunungan wilis,tepatnya di kawasan hutan Pinus milik Perhutani.Kawasan hutan lindung ini berada di petak 28 RPH Lawu Ds.

Obyek wisata Nongko Ijo menyajikan eksotisme panorama hutan Pinus yang menakjubkan.Panorama khas lereng pegunungan Wilis yang asri dan sejuk. Dua  aliran sungai yang berada di sekitar kawasan hutan pinus menambah eksotisme dari obyek wisata ini.Ada dua aliran sungai di seputaran area obyek wisata ini yang bertemu yaitu sungai Juweh dan Sungai Catur yang menjadi satu membentuk sebuah tempuran.(*Tempuran* adalah istilah bahasa jawa untuk menamai dua aliran sungai  yang bertemu menjadi satu.) Aliran sungai ini  mengalir kearah bendungan yang merupakan peninggalan Belanda.Aliran air cukup deras sangat bagus untuk wisata air semisal tubing.Aliran sungai ini merupakan sungai terbesar yang berada di kawasan Desa Kare yang berhulu di pegunungan Wilis. Aliran sungai ini juga menjadi pemasok utama untuk PLTA Giringan.


Obyek wisata Nongko Ijo tergolong obyek wisata baru yang berada di Desa Kare,namun meskipun baru, keberadaaanya mulai di kenal oleh masyarakat Madiun dan sekitarnya.Obyek wisata ini mulai ramai di kunjungi terutaa saat hari libur khususnya saat hari Sabtu dan Minggu.Pada hari hari biasa pengunjungpun sangat ramai. Akses menuju obyek wisata Nongko Ijo relatif cukup mudah,karena dekat dengan kawasan penduduk. Sangat dekat dengan jalur utama (jalan aspal) berjarak ± 400 meter . Sebelum memasuki pintu utama kita akan melewati area Sendang Kare , baru kemudian mengambil arah kanan untuk menuju lokasi Wisata Nongko Ijo.

Seiring dengan perkembangan waktu obyek wisata Nongko Ijo sedikit demi sedikit mulai tertata dengan baik, terbukti dengan sudah di sediakan fasilitas umum seperti MCK.Untuk kuliner di lokasi wisata ini sudah tersedia warung warung yang menyediakan makanan ataupun kuliner khas desa Kare.Warung warung tersebut berjajar di pinggiran area Wisata.Menambah keindahan tersendiri bagi obyek wisata tersebut.

Original Poto By Pesona Desa Kare
Untuk yang suka bermain air,  sungai catur bisa di jadikan wahana bermain air yang berada di bawah lokasi hutan pinus.Cukup menyewa ban dan kita bisa bermain diarea sungai Catur.Disediakan pula wahana bermain yang lain seperti rumah pohon,tempat tidur gantung dan lain lain.Jalan menuju lokasi sungaipun sudah lumayan tertata rapi.

Belum ada tiket resmi untuk masuk obyek wisata ini.Untuk masuk lokasi wisata setiap pengunjung cukup dengan merogoh kocek rp3 000 untuk parkir roda dua dan rp 5000 untuk roda empat.Untuk sementara area parkir masih menempati halaman rumah penduduk yang berjarak sekitar ± 100 meter dari lokasi wisata.Meskipun obyek wisata ini bernama Nongko Ijo namun obyek yang ditawarkan adalah area hutan pinus.Pengunjung tidak akan menemukan pohon Nangka Hijau  di area ini.Menurut  pengelola dahulunya area tersebut tumbuh sebatang pohon Nangka Hijau yang sangat besar  hingga akhirnya obyek wisata tersebut dinamakan Nongko Ijo.Pohon  pinus mulai ditanam di area ini sejak tahun 1981.

Original Poto By Pesona Desa Kare
Bagi para pecinta wisata alam obyek wisata Nongko Ijo mungkin bisa menjadi salah satu tujuan wisata akhir pekan.Karena obyek wisata ini menawarkan eksotisme khas hutan tropis.Bagi yang suka selfie,obyek wisata ini juga menyediakan banyak sekali view yang sangat indah.Hutan pinus yang berjajar rapi dengan latar belakang panorama Gunung Wilis atau sungai Catur sangat bagus untuk sekedar berselfie ria.Kesejukannya pun membuat kita betah berlama lama di obyek wisata ini.

Demikian sekilas tentang obyek wisata Nongko Ijo yang berada di Desa Kare Kecamatan Kare.

Photografer by Hr Muzie Pesona Desa Kare

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages