Kearifan Budaya Lokal Aswin Loka Dusun Seweru Desa Kare

Aswin Loka Ds Seweru Photo by Pesona Desa Kare

Aswin Loka adalah sarana wisata yang edukatif yang berada di Dusun Seweru Desa Kare Kare.Aswin Loka merupakan wahana belajar secara factual terhadap ekosistem lingkungan hidup yang memberikan warna dan nilai kemanusiaan.Mellalui bentuk bentuk permainan,penjelajahan atapun permainan luar yang menantng.Dengan konsep permainan tradisional maupun modern dengan memadukan konsep alam baik flora dan fauna sehingga mampu memberi kesan mendalam.Sehingga dapat membangun pribadi yang berkharakter serta berwawasan universal.

Motto dari Aswin Loka adalah CERMAT yang berarti Ceria, Elegan,Rileks,Anggun,Tegar dengan ragam kegiatan seperti tracking,permainan tradisional,permaianan kontemporer,pengenalan ekosistem serta pengenalan Budaya.Dengan didukung pemandu yang handal dan kapabel.
Kegiatan Seni di Aswin Loka Seweru Photo by Pesona Desa Kare
Memasuki wilayah Aswin Loka, hawa dingin yang kas dari angin pengunungan akan kita a rasakan. Tidak hanya itu, kita akan  dimanjakan dengan pemandangan deretan rumah-rumah penduduk yang dihiasi berjejer gapura-gapura yang serupa. Akan tersaji tatanan Desa Kare yang kelak akan menjadi desa percontohan di Kabupaten Madiun.

Wujud nyata dari harapan Aswin Loka adalah untuk kemajuan Desa Kare mulai menggerakkan petani-petani yang memiliki lahan kopi. Kopi beras Suweru, merupakan kopi khas setempat dan biasa disajikan sebagai “welcome drink” bagi peserta pelatihan di Aswin Loka. Tidak berhenti sampai disitu, Aswin Loka juga memanfaatkan rumah-rumah tradisional penduduk lokal sebagai home stay yang patut dicoba.

Aswin Loka ini dalam mempresentasikan kulinernya menggunakan perabotan tradisional asli masyarakat Jawa jaman dahulu yang terbuat dari tanah liat. Hal ini yang membuat Aswin Loka sebagai sarana tempat wisata sekaligus sebuah cermin dari kearifan budaya lokal yang hidup selaras ditengah masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages