Desa Kare Selayang Pandang

Gaoura Menuju DESA KARE by Pesona Desa Kare

Desa Kare adalah salah satu Desa yang berada di Kecamatan Kare Kab.Madiun yang berada dilereng Gunung Wilis.Desa Kare terletak pada ketingian antara 64 meter sampai dengan 426 meter diatas permukaan laut,semua wilayahnya bertopografi bukit dan sungai.Terdapat dua sungai besar yang mengapit Desa Kare diantaranya sungai Gandong dan sungai Catur.
Desa Kare mempunyai  luas wilayah 8 927.00 Ha dengan jumlah penduduk diperkirakan hampir 6.468 Jiwa.Yang terdiri dari 36 RT 4 Dusun.

Penghasilan terbesar dari Desa Kare adalah dari hasil pertanian Cengkeh dan Coklat disamping  Durian yang juga menjadi primadona pertanian di Desa Kare.Cengkeh merupakan produk unggulan bagi masyrakat Desa Kare.Kare  bisa di katakan sentra terbesar penghasil Cengkeh yang berada di kawasan Madiun,disamping produk produk lainya yang tentunya tidak kalah terkenal.

Potensi sumberdaya alamnya begitu besar.Potensi yang menonjol saat ini adalah pertanian padi, kedelai, palawija, perkebunan kakao, kopi, mangga, durian, rambutan dan produk hasil hutan dan produk olahan lainnya seperti kerajinan kayu jati dan lain sebagainya. Durian dan kakao banyak di budidayakan di  Kecamatan Kare. Kebun Kopi dengan skala besar di budidayakan di Kandangan, Kecamatan Kare, yang merupakan peninggalan Belanda.

Pasar  Tradisional Gondosuli Desa Kare

Banyak potensi wisata yang sebenarnya bisa di gali dari Desa Kare karena daerahnya yang sejuk karena berada di lereng Gunung Wilis.Sangat bagus jika di jadikan sentra wisata agro seperti daerah Batu Malang.Air Terjun Seweru/Kedung Malem atau Air Terjun Serondo yang terletak di Dusun Seweru Desa Kare Kec.Kare yang berada area hutan Perhutani , berjarak 15 Km ke Timur dari kota Madiun dengan luas obyek wisata 6 Ha dilereng Gunung Wilis yang keadaannya masih sangat asri adalah salah satu potensi wisata yang ada di Desa Kare.Atau air terjun Nawangsari yang terletak di area perkebunan Kopi Kandangan dan juga Sungai Catur yang sangat bagus untuk kegiatan Rafting maupun Tubing.

Kedung Malem ini sempat popoler dan menjadi ikon pariwisata yang berada di Desa Kare.Banyak pengunjung dari daerah luar Madiun yang sengaja datang untuk menikmati keindahan air terjun ini,namun sayang karena tidak adanya investor yang berminat lambat laun pesona Air Terjun Kedung Malem memudar.

Sebagai sentra buah Durian Desa Kare juga sering menjadi alternatif bagi peminat dan pemburu Buah Durian.Saat musim durian banyak pendatang pendatang dari luar kota madiun berkunjung ke Desa Kare hanya sekedar berburu kuliner yang satu ini.Desa Kare sudah terlanjur populer sebagai penghasil buah Durian.Jika saat musim Durian akan kita jumpai banyak sekali pedagang pedaang Durian di pinggir jalan.
Namun yang disayangkan adalah meskipun Desa Kare merupakan sentra dari perkebunan Kakao atau Cokelat,saat ini belum ada pabrik pengolahan  Kakaodi Desa Kare.Saat ini Kakao banyak di budidayakan di Desa Kare yang di harapkan menjadi produk unggulan selain Cengkeh dan menjadi ikon dari Desa Kare.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages