Desa Kare Kumandang


Bagi sebagian orang mendengar nama Desa Kare mungkin yang terbayang adalah bahwa Desa Kare adalah sebuah Desa yang terpencil yang berad di lereng  Gunung Wilis.Gersang minim fasilitas infrastruktur terbelakang dan belum ada listrik.Anggapan itu mungkin benar jika dikaitkan dengan kondisi Desa Kare di era tahun 1980an era masa kecil saya.Di mana kondisi Desa Kare di masa itu bisa dibilang minus.Jalan raya Kare pun masih bermakadam alias belum beraspal dan bergelombang,plus belum adanya listrik.Menjadikan Desa Kare desa yang gelap gulita pada malam hari.Orang Kare pun sering di katakan “Wong Nggunung ndeso panganane mesthi sego thiwul  “ dan sebagainya.Benar sekali ungkapan tersebut  karena pada masa itu desa Kare belum maju tarf hidup mayarakat nya pun masih minus.Tapi itu dahulu, sekarang kondisi desa Kare berbalik 180 derajat, seperti kata pepatah “lain dahulu lain sekarang".

Pasar Tradisional Gondosuli Desa Kare
Apa yang terlihat pada masa sekarang adalah desa Kare menjelma menjadi desa yang “Gemah ripah loh jinawi” subur makmur dan kaya akan potensi sumberdaya alam.Berkat kerja keras masyarakat dalam mengelola  sumber daya alam, desa Kare saat ini tidak kalah dibanding dengan desa desa lain di wilayah Kabupaten Madiun.Taraf hidup masyarakatnya pun sudah modern alias nggak nDeso lagi.

Desa Kare yang berada di Pusat Kecamatan parktis menjadi keuntungan tersendiri di banding dengan desa desa lain yang berada di wilayah Kecamatan Kare.Bisa dikatakan desa Kare menjadi pusat perekonomian bagi masyarakat sekitarnya.Desa Kare seperti menjadi  Ibu kota bagi desa desa yang lain yang berada di Kecamatan Kare.Akses jalan yang cukup baik dan sangat menunjang bagi laju perekonomian. Untuk menuju ke Desa Kare kita tidak usah takut dengan jalan bergelombang ataupun makadam sperti era tahun 80 an. Sebab jalan menuju desa Kare saat ini sudah beraspal hotmix yang mulus.Infrastruktur sudah jauh lebih baik.Fasilitas Pendidikan,Kesehatan dan juga fasilitas fasilitas yang lain sudah tersedia di desa Kare.Itulah gambaran desa Kare saat ini.

Jalan Aspal desa Kare Original Photo by Pesona Desa Kare
Andalan utama dari Desa Kare saat ini adalah sektor pertanian karena letaknya memang di lereng Gunung Wilis. Cengkeh adalah komoditi utama pertanian di Desa Kare  disamping pertanian yang lain seperti Kakao,Durian dan produk pertanian yang lain seperti sayur mayur.Namun Cengkeh masih  menjadi primadona dan menjadi produk unggulan bagi masyarakat Kare.Hampir dipastikan setiap masyarakat pasti menanam Cengkeh. Karena secara georgrafis lahan tanah sangat cocok dengan Cengkeh.Jika kita berkunjung ke desa Kare kita akan dapati kebun kebun cengkeh milik masyarakat.Masyarakat sangat mengandalkan pertanian yang satu ini karena terbukti  bahwa cengkeh mampu mendongkrak perekonomian masyarakat desa Kare.
Saat ini desa Kare mulai mengembangkan sektor pariwisata.Karena sumber daya alamnya  sangat potensial dan sangat mendukung untuk pengembangan sektor pariwisata.Mulai dari pariwisata yang bebasis alam maupun sektor pariwisata yang berbasis budaya dan kuliner.Diharapkan dari sektor pariwisata bisa mengangkat tarap hidup masyarakat khusunya di bidang ekonomi kerakyatan. Banyak potensi wisata yang ada di desa Kare yang belum di kelola dengan serius bahkan belum tersentuh.

Sebagai masyarakat Desa Kare yang sangat mencintai Desa Kare saya berharap  Desa Kare menjadi Desa yang “berkumandang”  menjadi pioner dan terkenal sehingga bisa bersaing dengan desa desa yang lain di seputar wilayah Kecamatan Kare .

2 komentar:

  1. terimakasih dari sini sy jadi banyak tau ttg kare. luar biasa :)

    BalasHapus
  2. Masa kecilku..pernah sekolah di kare...th 80an...memory yg indah..tdk ada listrik..sekolah jauh jalan kaki..pagi sarapan gethuk..nunggu dpn rumah..mkn yng jualan sdh meninggal...memory yng indah...

    BalasHapus

Pages