Menelisik Wisata Rintisan Air Terjun Tambaklare dan Kedung Ketuban Dusun Seweru Desa Kare



Pesona Desa Kare-Satu lagi obyek wisata yang ada di Desa Kare yang mungkin patut di jadikan tujuan wisata akhir pekan kita.Masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama Tambaklare,belum saya temukan refrensi yang jelas mengapa obyek wisata rintisan yang ada di Dusun Seweru Desa Kare Kecamatan Kare tersebut bernama Tambaklare.Namun obyek wisata ini bisa menjadi alternatif bagi pecinta wisata alam.Obyek wisata Tambaklare memiliki suasana alam yang masih terjaga keasrianya khas pedesaan.

Original Photo by Pesona Desa Kare

Lokasi air terjun Tambaklare cukup mudah untuk diakses karena akses jalan menuju lokasi wisata sudah bagus meski baru sekedar jalan makadam hingga sampai ke lokasi air terjun.Pemandangan yang sangat indah akan kita dapati saat kita menuju lokasi inti wisata Tambaklare.Gunung Wilis yang tampak gagah menjulang seakan menjadi monumen abadi yang bisa kita jadikan sebagai spot swa photo.Juga keindahan panorama dan jalan berliku menuju lokasi air terjun  menambah keindahan tempat wisata tersebut.

Original Photo by Pesona Desa Kare

Meski wisata ini masih berstatus wisata rintisan dan belum tertata dengan rapi namun keberadaanya cukup menjajnjikan,potensi alamnya sangat mendukung. Tambaklare mungkin bisa menjadi alternatif lain selain obyek wisata lainya di Desa Kare semaisal Nongko Ijo dan obyek obyek wisata lainya yang sudah lebih dulu dikelola.Sehingga sarana dan prasaran yang ada belum begitu lengkap.

Jalan Menuju Kedung Ketuban Original Photo by Pesona Desa Kare

Disamping air terjun Tambaklare adalah Kedung Ketuban.Kedung Ketuban masih satu lokasi dengan air terjun Tambaklare.Kedung Ketuban berada di aliran Sungai disekitar air terjun.Konon katanya menurut masyarakat sekitarnya kedalaman Kedung Ketuban belum terdeteksi.Sebuah misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan dan masih terjaga hingga turun temurun.Belum ada refrensi yang jelas mengapa Kedung yang berada di aliran sungai tersebut di namakan Kedung Ketuban.
Lokasi Kedung Ketuban tidak begitu jauh dari lokasi air terjun,cukup menyusuri jalan setapak menuju sungai yang berjarak sekitar 50 meter dari air terjun.Airnya jernih khas sungai lereng Gunung Wilis.

Sebagai catatan obyek wisata ini sangat bagus dan cocok bila di jadikan tempat camping ground atau untuk wisata tracking.

Kedung Ketuban original Photo by Pesona Desa Kare

Desa Kare memang banyak menyimpan potensi potensi wisata alam yang cukup menjanjikan,mungkin bisa di bilang bahwa 65% potensi wisata yang ada di Kabupaten Madiun berlokasi Kecamatan Kare khususnya di Desa Kare.Bisa jadi karena secara geografis Desa Kare berada di lereng Gunung Wilis.Berekplorasi di Desa Kare solah tak berujung karena banyaknya lokasi lokasi yang bisa di jadikan tempat wisata.Hanya saja potensi potensi sumber daya alam tersebut belum sepenuhnya terkelola dengan bagus.

Semoga obyek wisata Tambaklare dan Kedung Ketuban kedepan bisa menjadi obyek wisata yang benar benar memberi manfaat bagi masyarakat sekitarnya dan bisa meningkatkan potensi perekonomian bagi masyarakat.



Kare-24-Februari-2019

Penulis Admin Pesona Desa Kare.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages