Puncak Tapak Bimo 28 July 2019


Puncak Tapak Bimo begitulah para pendaki menyebutnya.Puncak Tapak Bimo adalah salah satu dari beberapa gugusan pegunungan Wilis.Berada di wilayah gugusan pegunungan Wilis di bagian Barat.Seperti yang telah kita ketahui gugusan pegunungan tertinggi berada di wilayah gugusan timur yaitu puncak Ngliman 2500 mdpl.Sedang puncak Tapak Bimo ketinggiannya berkisar sekitar 1500 mdpl merupakan puncak tertinggi di gugusan pegunungan Wilis bagian barat.

Jalur pendakian Tapak Bimo bisa di lalui melalui dua jalur yaitu jalur Mendak Pesanggrahan dan via jalur Pupus Ponorogo.Namun karena jalur Mendak –Pesanggrahan terlalu jauh maka jalur Mendak beralih ke jalur Mendak-wisata Watu Rumpuk.Sebelum mendaki ke Tapak Bimo kita tentunya bisa berwisata dulu di Watu Rumpuk.

Rute pendakian via Watu Rumpuk bisa di bilang tidak begitu ekstrem,hanya saja sesekali kita harus menyususri pinggiran jurang yang dalamnya jangan di tanya.Harus ekstra hati hati.Dari Watu Rumpuk menuju Pos 1 jalan agak mendaki baru setelah pos 1 menuju pos 2 jalan agak sulit karena harus melalui bibir jurang jangan melihat kebawah karena di bawah merupakan jurang yang sangat dalam “zona blank”.


Pos 2 disebut juga bukit Reco Macan,entah mengapa disebut bukit Reco Macan sebab bukit tersebut sebenarnya sama sekali tidak menyerupai Macan.Di pos 2 atau bukit Reco Macan kita bisa rehat sebentar sambil melihat puncak Tapak Bimo.Pos 2 menuju Pos 3 jalan yang harus di lalui agak menegangkan sebab jalan hanya bisa di lalui satu orang agak ngeri juga karena kiri kanan merupakan jurang yang teramat dalam.Setelah melalui jalan tersebut rute mulai menanjak dan ini mungkin rute paling menanjak selama pendakian sebelum sampai di pos 3.Sesampainya di pos 3 kita bisa melihat samar samar telaga Ngebel nun jauh disana dan Desa disekitarnya.Di pos 3 kita juga akan menjumpai jalur pendakian via Pupus Ponorogo.


Pos 3 menuju pos 4 jalan sudah bagus jalan tidak begitu menanjak .Di pos 4 panorama sangan bagus dari sini kita bisa melihat telaga ngebel,penegeboran Geothermal dan obyek wisata Watu Rumpuk.Pos 4 menuju pos 5 relatif tidak begitu jauh sekitar 200 m.


Dari Pos 4 Original  Photo by Pesona Desa Kare

Nah setelah sampai di puncak Tapak Bimo kita akan bisa menyaksikan puncak puncak gunung atau gugusan gugusan gunung sekitar pegunungan Wilis.Juga gunung Lawu yang tampak gagah perkasa menjulang.Disini kita juga harus hati hati karena lokasi Tapak Bimo persis dibibir jurang yang dalamnya tidak usah di tanya lagi.Di area ini kita bsa mendirikan tenda jika berniat untuk bermalam.

Puncak Tapak Bimo Original Photo by Pesona Desa Kare
Disebut Tapak Bimo karena katanya area tersebut menyerupai sebuah telapak kaki yang berukuran sangat besar yang jika sepintas di lihat menyerupai bekas telapak kaki.Meski saya pribadi belum yakin apakah jejak tersebut merupakan jejak kaki Bimo/Bima atau bukan.Di sekitar area Tapak Bimo terdapat juga beberapa galian yang mirip seperti sumur,siapa yang membuat wallohu a’lam belum ada yang bisa menjelaskan.Sedikit ke arah timur *versi saya* sebab saya agak bigung arah, adalah rute ke Goa Jepang menurut penunjuk arah jarak lokasi dari Tapak bimo ke Goa Jepang adalah 1000 m. Sayang sekali kami belum sempat melihat Goa tersebut sebab ketrbatasan waktu. Begitulah sekilas perjalanan saya beserta teman teman ke Puncak Bimo.

Alang Alang Original Photo by Pesona Desa Kare
Jika berniat mengadakan pendakian jangan lupa pakai baju atau kaos lengan panjang karena kita berhadapan dengan tumbuhan Alang alang yang siap membuat tubuh kita perih.

Tidak perlu waktu lama untuk sampai di Puncak Tapak Bimo.Dari lokasi Wisata Watu Rumpuk cukup memmerlukan waktu sekitar 4 jam untuk pendakian santai,sedang turun dari puncak memerlukan waktu sekitar 2 jam.

Sekian ............

Team :

Mas Eko Sly
Yudho Trisnanto
Ari Sis/Bolang
Mario Sello Annker
Lukman
NN (lali jenenge)
Penulis/Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages